Teka teki Logika

suatu hari, seorang pengembara yang hendak pergi ke puncak merapi berhenti di sebuah warung :


Pengembara : Maaf bu, saya mau tanya jalan menuju ke Puncak Merapi itu kemana ya?

Ibu : (sambil mendekati Pengembara) Begini tuan, dikampung sini itu orangnya memang aneh2, jadi
tuan harus hati2 kalau bertanya.nanti di ujung jalan itu (sambil menunjuk) ada pertigaan ke kanan & kiri, nah dipertigaan itu ada Pos yang selalu dijaga oleh 2 orang bapak-bapak tua.silakan tanya aja kebapak2 itu, Ibu kurang tahu ke kanan atau kekirinya.

Pengembara : Oh Gitu ya bu?
Ibu : Tapi Tuan harus ingat bapak2 tua yang kembar itu sifatnya sangat berlawanan.
Pengembara : lho sifatnya berlawanan bagaimana maksudnya?
Ibu : Begini tuan, salah satu bapak itu kalau ngomong selalu jujur apa adanya.Dan satunya lagi ngomongnya selalu bohong.nah tuan nanti tanya saja kepada salah satu bapak-bapak tadi kemana jalan menuju puncak .. ke kiri apa ke kanan ?
Ibu : Tapi hati-hati tuan .. ada yang harus tuan ketahui dan ingat .. bahwa kedua bapak-bapak itu tidak mau ditanyai semua, maunya hanya salah satu saja & hanya mau menjawab sekali saja (satu pertanyaan). karena kalau ditanya 2 x mereka pasti marah.
Pengembara : maaf bu, ibu tahu nggak bapak yang mana jujur & pembohong?”
Ibu : Waduh tuan, orang2 dikampung sini gak ada yang tahu termasuk saya, maaf ya?
Pengembara : Baiklah bu akan saya coba untuk menanyakan kepada salah satu Bapak2 yang dipertigaan itu. hanya sekali pertanyaan yh ibu?. terimakasih ya bu ?(sambil pamit)

nah, pertanyaannya, pertanyaan apakah yang harus diberikan oleh sang pengembara supaya bisa mengetahui arah yang benar hanya dengan sekali bertanya kepada salah satu bapak2 kembar yang berlawanan sifat itu ? (ingat yang satu pembohong dan yang satu lagi orang jujur, terserah mau nanya ke yg pembohong ato ke yg jujur ^^)

Label: ,

1 komentar:

  1. faishalh said...:

    Ada sebuah game agen rahasia. Game itu dimainkan oleh empat orang yang bernama Andi, Budi, Makoto, dan Nakata. Dalam game tersebut, mereka dibagi menjadi dua kelompok. Andi satu kelompok dengan Budi dan Makoto satu kelompok dengan Nakata. Game nya sebagai berikut. Makoto akan menuliskan sebuah kode dengan kombinasi tiga angka berbeda dan sebuah huruf. Kode tersebut disusun secara acak. Misal '123A' boleh ditulis '12A3' atau semacamnya. Setelah Makoto menuliskan kodenya, kode itu diberikan kepada Andi. Tugas Andi adalah menambahkan dua huruf yang berbeda dari kode awal. Setelah itu, kode yang telah ditambahkan dua huruf diberikan kepada Nakata untuk kemudian diacak. Lalu, kode yang telah ditambah dan diacak itu diberikan kepada Budi. Tugas Budi adalah menganalisis kode awal yang ditulis oleh Makoto secara tepat. Sebagai catatan. Keempat orang ini tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apa pun selama permainan berlangsung. Andi dan Budi merancang strategi untuk dapat memecahkan kode. Pertanyaannya adalah: Bagaimanakah strategi Andi dan Budi agar Budi selalu dapat menebak kode yang diberikan Makoto dengan benar?

Post a Comment

Popular Posts

About Me

My Photo
Wioko Muggy Kurnia
Ritsumeikan, Japan
Gue tau apa yang lo pikirin pas masuk blog gue.. INI BLOG APA??! oke oke =_= well, gue sendiri juga ga ngerti ini blog didirikan dengan tujuan apa,gue ga ngerti apa isi blog ini, dan gue juga ga ngerti kenapa voldemort belom punya idung ampe sekarang, padahal kan dia penyihir terhebat di dunia, masa gabisa nyihir idungnya biar tumbuh?....however, I hope you enjoy here,and don't forget to follow this blog, have fun ^_^
View my complete profile

Labels

Ask me a question on Ask.fm

Followers

visitors

Website counter

follow me at twitter

Counter