MOS, penting ga sih?

yo good evening all! udah mau masuk tahun ajaran baru nih, gimana liburannya kemaren?? kurang? gue karena baru lulus SMA, dan Kuliah itu rata-rata bakal mulai belajar bulan September, jadi gue kira-kira masih bakal libur 2 bulan lagi, wuhuuuuuuu!!


gue mau ngucapin selamet dulu buat yang udah keterima di universitas, SMA, atau SMP yang di inginkan, tapi lo mesti inget bahwa lo masih harus ngelewatin satu rintangan lagi, yap! Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disingkat MOS! baru dapet ide untuk nulis ini setelah baca statusnya Dark di facebook, dia juga ngerasa ada penyimpangan makna dari MOS.



MOS itu, ga segampang yang lo pikirin, terutama di Indonesia, yang mayoritas menyimpangkan makna dari MOS itu sendiri. Lo tau? kalo di luar negeri, sistem MOS nya tuh beeda dari Indonesia. mereka akan memperkenalkan ruangan-ruangan dan lab lab yang ada di sekolah, mereka presentasiin profil sekolah mereka, trus juga memperkenalkan workshop-workshop sehingga calon siswanya bisa milih bakal masuk worshop yang mana..

belom kedengeran mereka melatih mental, membentuk karakter, atau apalah itu sebutannya kepada junior junior mereka. menurut gue juga "melatih mental" itu pointless sih, apalagi "membentuk karakter", emang karakter seseorang bisa dibentuk segampang itu dengan hanya di gojlok selama beberapa hari atau minggu? orang, kalo udah berusia 15 taun keatas, mereka kebanyakan udah punya karakter masing masing, tujuan membentuk karakter itu bisa gue bilang pointless banget.


MOS yang gue liat (dan gue alamin) itu lebih cenderung kepada mendeklarasikan otoritas seniornya kepada junior, atau pendeknya, "Bullying", walaupun sedikit yang make kekerasan fisik, tapi junior mereka kebanyakan di "bully" secara psikologis, para senior cenderung pengen nunjukin superioritas nya ke si Junior, trus apa pentingnya dari tindakan-tindakan macem ini?




teka teki konyol, dandanan aneh, atau perintah-perintah yang nonsense dari senior, itu tuh apa sih pentingnya? gue pernah dipermaluin di depan orang banyak cuma buat dapetin tanda tangan dari salah satu senior gue, itukah yang disebut membentuk karakter? gue sih nyebutnya public humiliating.

kalo di sekolah gue, ada yang disebut DK, gatau apa kepanjangannya, tapi mereka adalah kumpulan senior (yang mayoritas berwajah seram, berparas tengil, dan memiliki pembawaan mengintimidasi) dan  mereka adalah senior yang bertugas melatih mental serta membentuk karakter para juniornya. Tapi maaf nih ya, no offens, gue rasa yang mereka lakuin cuma bikin junior mereka ngerasa antara kalo gak takut sama mereka, ya dendam sama mereka.

lebih dramatis lagi karna disekolah gue ada yang disebut VJ, entah apa kepanjangannya, tapi peran mereka disini adalah sebagai "angel" bagi junior junior mereka. mereka dituntut untuk lebih friendly,bersahabat,dan deket sama junior mereka. nanti, akan ada momen dimana "angel-angel" ini, akan di hukum sama DK yang di "set" sedemikian rupa sehingga "angel angel" ini seolah dihukum karna salah kalian. hahaha  ga sedikit temen gue yang nangis gara-gara adegan ini, you played so well guys, Why don't you work at theater?

sekali lagi,menurut gue para senior itu harusnya memperkenalkan "sekolah ini" bukan memperkenalkan "gimana kerasnya sekolah disini". kalo dari awal aja senior senior ini udah mengintimidasi, gimana kedepannya? mungkin nanti setelah MOS, junior-junior mereka ga akan ada yang berani natap Senior senior yang udah mengintimidasi mereka, atau mereka akan natap tapi dengan pandangan penuh dendaam! jeng jeng jeengg

satu hal yang pasti,bullying kaya gini bakal berakibat fatal sama generasi generasi berikutnya, secara psikologis, junior-junior yang terintimidasi itu pasti ada yang punya rasa dendam, dan mereka ga bisa ngelampiasin balik ke senior mereka, makanya mereka ngelampiasinnya ke junior mereka di generasi selanjutnya, dan ini bakal terus berlanjut eternally, isn't it pa.the.thic!?

beneran nih gue rasa sistem MOS di Indonesia harus diubah! kenapa ga kalian coba memberi "kesan pertama" yang positif aja? coba lebih friendly, lebih bersahabat,dan anggap junior itu kaya ade kalian sendiri, tanpa ada humiliating, bullying, atau semacemnya. Kalian pengen murid murid baru "lebih mengenal sekolah" kan? coba kasih tau mereka dimana ruangan ini dimana ruangan itu, dimana lab ini itu dan dimana toilet cowo / cewe, gue rasa itu lebih berguna dibanding kalian mikirin gimana lagi cara mempermalukan junior di depan orang banyak.

stop! buat kalian yang anak OSIS atau punya pendapat yang oposisi sama gue, no offeeens, mari kita diskusiin baik baik !




credit to : Dark Pokerface

                                         Sincerely, WIOKO

Label:

2 komentar:

  1. G said...:

    kalo buat yang anak teknik gimana? ._.
    saya anak teknik dan hubungan senior-junior berlaku selamanya.. tapi bukan berarti di bully.

  1. Unknown said...:

    Public humiliating

Post a Comment

Popular Posts

About Me

My Photo
Wioko Muggy Kurnia
Ritsumeikan, Japan
Gue tau apa yang lo pikirin pas masuk blog gue.. INI BLOG APA??! oke oke =_= well, gue sendiri juga ga ngerti ini blog didirikan dengan tujuan apa,gue ga ngerti apa isi blog ini, dan gue juga ga ngerti kenapa voldemort belom punya idung ampe sekarang, padahal kan dia penyihir terhebat di dunia, masa gabisa nyihir idungnya biar tumbuh?....however, I hope you enjoy here,and don't forget to follow this blog, have fun ^_^
View my complete profile

Labels

Ask me a question on Ask.fm

Followers

visitors

Website counter

follow me at twitter

Counter